Waduk Cacaban : Lokasi, Harga Tiket Masuk & Fasilitas DTW Cacaban



Diupload pada : 05-May-2024
Penulis : DtwCacaban

Terletak di Desa Penujah Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal Jawa Tengah, Waduk Cacaban memiliki keindahan alam yang memukau dan udara yang sejuk. Dibangun setelah kemerdekaan Indonesia, Waduk Cacaban memiliki fungsi utama sebagai sumber irigasi pertanian.


Di akhir pekan, tempat ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam, memancing, atau sekedar menikmati berbagai olahan ikan yang dijajakan di warung pujasera dekat waduk. Bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Waduk Cacaban, berikut ini beberapa informasi mengenai sejarah, lokasi, dan daya tarik wisata Waduk Cacaban Kabupaten Tegal.


1. Sejarah


Waduk Cacaban mulai digagas pembangunannya sejak tahun 1914 dan dibuat perencanaan detailnya pada tahun 1930 oleh pemerintah kolonial Belanda. Namun baru diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1952. Waduk ini sebenarnya berfungsi mengairi sawah-sawah di sekitarnya, namun juga difungsikan sebagai obyek wisata.


Waduk ini telah resmi dibuka kembali untuk umum sejak Sabtu (22/10/2022) setelah dua tahun direnovasi, menghadirkan wajah baru yang semakin memikat para wisatawan.



2. Lokasi

Waduk Cacaban terletak di Desa Penujah Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah. Wisatawan bisa menggunakan aplikasi Google Maps kemudian kata kunci pencariannya adalah "Taman Wisata Waduk Cacaban".

Untuk jam operasional setiap hari pukul 06.00 - 20.00 WIB

Harga tiket : 

Hari Biasa (Senin - Jum'at) 

Dewasa : Rp. 9.000,-

Anak-anak : Rp. 8.000,-


Hari Sabtu - Minggu, Libur Nasional dan Libur Cuti Bersama 

Dewasa : Rp. 10.000,-

Anak-anak : Rp. 8.000,-

Pengunjung sudah dijamin asuransi Jasa Raharja.


3. Fasilitas yang ada di Daya Tarik Wisata Cacaban


Area parkir di Waduk Cacaban Tegal cukup luas untuk kendaraan pengunjung yang datang. Kemudian beberapa fasilitas yang ada di Daya Tarik Wisata Cacaban : Playground, Aula kedungpipisan, Gardu Pandang, Dermaga Apung, Jogging track, Toilet dan Mushala bagi wisatawan yang membutuhkan. Tersedia juga Gazebo di sekitar area Waduk Cacaban untuk yang ingin menikmati pemandangan alam di sekitar waduk. Di area sekitar waduk, terdapat beberapa pujasera yang menyajikan masakan khas Waduk Cacaban Kabupaten Tegal yaitu Udang, Ikan Mujaer, Ikan Gabus dan sebagainya yang merupakan hasil tangkapan dari Waduk.


4. Daya Tarik Wisata


Perpaduan antara bukit, air dan udara yang segar serta pulau-pulau kecil menjadi daya tarik tersendiri yang wajib dikunjungi. Pengunjung bisa menikmati dan mengambil foto pemadangan Waduk Cacaban melalui gardu pandang. Pemandangan indah ini tidak hanya menarik bagi para pengunjung, tetapi juga menjadi sumber inspirasi bagi para seniman yang datang ke tempat ini untuk mengekspresikan keindahan alam melalui fotografi.


Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Daya Tarik Wisata Cacaban seperti memancing, menikmati pemandangan alam dan udara yang segar, kuliner, jogging, serta berkeliling dengan menyewa kuda atau menyewa sepeda listrik. Selain itu, pengunjung juga bisa mengelilingi area waduk cacaban dengan menyewa kapal dengan biaya Rp. 15.000 per orang.


Waktu terbaik Untuk kamu yang hendak berkunjung ke Waduk Cacaban adalah pada pagi atau sore hari untuk menghindari terik matahari.