BIMBINGAN TEKNIS STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF MELALUI MEDIA DIGITAL



Diupload pada : 01-Apr-2024
Penulis : SAdmin


Bertempat di Ruang Pertemuan Hotel Khas Tegal, Minggu 31 Maret 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Direktorat Pemasaran Nusantara bekerjasama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Komisi X, Bapak Abdul Fikri Faqih menyelenggarakan kegiatan "Bimbingan Teknis Strategi Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui media digital" dengan mengundang para pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang ada di Kabupaten Tegal. 

Dalam kesempatan ini Kabupaten Tegal menjadi Tuan Rumah Bimbingan Teknis yang diselelnggarakan oleh Kementerian. Bapak Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Akhmad Uwes Qoroni,MT Hadir secara langsung untuk menyambut kehadiran Bapak Abdul Fikri Faqih dari Komisi X DPR RI serta Ibu Bulqis Chairina dari Kemenparekraf RI. Meskipun Bimtek dilaksanakan di bulan Ramadhan namun tidak menyurutkan semangat para peserta, dengan kedatangan Jono Tukang Ojek Pengkolan menambah suasana Bimtek menjadi lebih seru. Jono Merupakan Warga Asli Slawi atau Putra Daerah yang menjadi Artis di Ibu Kota dengan membintangi sinetron Tukang Ojek Pengkolan. 

Dalam Sambutannya Pak Uwes berpesan "agar para peserta dapat mengikuti bimtek ini dengan baik dan ilmu yag diperoleh dapat di aplikasikan dalam bisnis yang sedang dijalani" 

Menurut Ibu Bulqis Chairina dalam sambutannya dalam pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Story Telling merupakan salah satu yang dapat membantu meningkatkan angka kunjungan wisatawan dan Pembeli bagi para pelaku wisata ekonomi kreatif. Dalam sambutannya Kemenparekraf mengajak untuk berwisata di indonesia aja agar dapat mencapai target capaian kunjugan wisatawan yang telah ditentukan. Mengapa Indonesia belum mencapai target? Bapak Abdul Fikri Faqih menyampaikan Problematika besar di pariwisata dan ekraf yaitu : Modal/Pembiayaan/Dana serta Pemasaran. 

Bimbingan Teknis dilaksakan pukul 13.00  - 16.00 WIB dengan Narasumber Bapak Abba Zubbair Al Awwam dalam Bimtek ini Peserta mendapatkan ilmu bagaimana pemasaran pariwisata dan Ekraf dapat maksimal. Menurut Narasumber hal hal yang perlu diperhatikan yaitu Target pasar. Target Pasar ada 3 meliputi Demografis, Geografis, Psikografis. 

Acara ditutup dengan pembagian Doorprize untuk para peserta yang telah bertanya kepada Narasumber.