Pencanangan Slawi Kota Teh Wangi Dunia oleh Pemkab Tegal sekaligus membuka Acara Pesta Rakyat Slawi Ageng



Diupload pada : 27-May-2024
Penulis : pariwisata


Bertempat di Lapangan Pemda Kabupaten Tegal pada Rabu (22/05) Pemerintah Kabupaten Tegal menyelenggarakan acara Pembukaan Pesta Rakyat Slawi Ageng 2024 Hari Jadi ke-423 Kabupaten Tegal yang dihadiri oleh PJ. Bupati; Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Dr.Yulius,MA; Asisten Deputi Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM; Sekretaris Deputi pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI; Ketua DPRD; Sekretaris Daerah beserta Jajarannya; Unsur Forkopimda Kabupaten Tegal; Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal; Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal; Ketua KPU Kabupaten Tegal; Pimpinan BUMN,BUMD dan Pimpinan 4 Perusahaan Teh yaitu Teh Sosro, Teh Gopek, Teh 2 Tang dan Teh Tong Tji; serta tidak tertinggal pula pimpinan organisasi; Ketua HIPMI; para pelaku seni; pelaku umkm.

Gelaran Pesta Rakyat Slawi Ageng 2024 memamerkan, menjual aneka produk UMKM dan ekonomi kreatif, juga banyak sekali acara hiburan dan seni pertunjukan sebagai pendukungnya, termasuk moci bareng sebagai ikhtiar kita mengenalkan Kota Slawi sebagai Kota Teh Melati Dunia Jasmine Tea City sebagai cikal bakal branding Kota Slawi ke depan. 

Terdapat 4 Perusahaan Teh Besar yang berlokasi di Kabupaten Tegal yaitu PT.Gunung Slamat, CV. Duta Java Tea Industri; PT. Gopek Cipta Utama; PT. Tong Tji Indonesia hal ini mendasari pencanangan Branding Slawi Kota Teh Wangi Dunia. pada jam jam tertentu apabila berjalan di sepanjang jalan kota Slawi akan tercium harumnya Wangi dari Teh. Kabupaten Tegal terpilih menjadi lokasi Perusahaan Teh karena Kabupaten Tegal menjadi central Bunga Melati dimana selain teh bahan dasar teh wangi adalah Bunga melati. Bunga Melati hanya dapat bertahan satu hari saja maka dari itu perusahaan lebih memilih untuk mendekat ke sentral melati.

Setelah Pencanangan Branding Slawi Kota Teh Wangi Dunia selanjutnya Bapak PJ. Bupati membuka gelaran Pesta Rakyat Slawi Ageng Expo 2024 dengan pemotongan pita. Bapak PJ Bupati Agustyarsyah mengapresiasi kepada kawan-kawan pelaku UMKM yang sudah ikut serta membuka booth-nya acara Pesta Rakyat Slawi Ageng 2024. terdapat sedikitnya ada 80 pelaku UMKM dan juga unit koperasi yang terlibat di expo ini, dari mulai UMKM makanan, minuman, batik, ecoprint, kerajinan tangan, hingga produk logam.

Pemerintah Kabupaten Tegal berharap dari keikutsertaan pelaku UMKM di ajang ini produknya bisa semakin dikenal luas dan omzet penjualannya meningkat. demikian dengan transaksi dan perputaran uang di sini yang harapannya juga meningkat, dan ini penting untuk menggerakkan perekonomian lokal.