Aktivitas Gunung Slamet Kembali Meningkat Tajam, Pendakian Ditutup !



Diupload pada : 19-May-2024
Penulis : DtwGuci

Guci - Jalur pendakian Gunung Slamet ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan. Penutupanan ini lantaran meningkatnya aktivitas vulkanik di atapnya Jawa Tengah.

Gunung slamet adalah gunung api strato berbentuk kerucut dengan tinggi puncaknya 3432 mdpl. Secara administratif terletak Dalam lima kabupaten. Yakni Kabupaten Pemalang, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah. Peningkatan aktivitas vulkanik G. Slamet Terakhir terjadi pada Maret hingga September 2014, diikuti erupsi yang menghasilkan material abu dan lontaran material pijar di sekitar kawah (tipe letusan stombolian).

Pengelola basecamp pendakian Gunung Slamet via Permadi Guci Tegal, Faisal Fajar Ramadhan menjelaskan, "penutupan sudah dilakukan sejak akhir pekan kemarin tanggal 12 Mei 2024. Karena memang aktivitas gunung kembali meningkat dan sejak 19 Oktober 2023 status G. Slamet masih berada pada level II (Waspada) radius 2 km, kali ini jarak radius 3 km. Sewaktu adanya pengumuman kabar tersebut ada 400 pendaki via Basecamp Permadi, kami mengerahkan ada beberapa tim evakuasi gabungan yang kita berangkatkan sehabis Isya. Pukul 06.30 WIB Alhamdulillah pendaki berhasil kami evakuasi turun sampai di Basecamp Permadi, Evakuasi berjalan aman dan tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Untuk pembukaan kembali jalur pendakian G. Slamet sementara masih menunggu informasi lebih lanjut dari pos pemantauan".


Grafik kegempaan.


Pengukuran Tiltmeter Stasiun.